Jumat, 19 April 2013

Materi Kelas VIII

 

Mengenal Microsoft Excel dan sejarahnya

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet. Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office. Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor dewasa ini. Aplikasi yang berbentuk lembar kerja ini dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk pengguna Apple Mac OS dan Microsoft Windows. Dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan grafik dan fitur kalkulasi yang sifatnya agresif dan progresif. sejarah Microsoft Excel
Diantara semua aplikasi yang tergabung dalam Office Suite, Excel adalah aplikasi kedua yang sering digunakan orang setelah Microsoft Word. Perkembangan Microsoft Excel mulai pesat saat dirilisnya versi 5.0 pada tahun 1993. Pada masa itu, program ini paling dominan digunakan dibandingkan yang lainnya. Program yang bisa dijalankan pada platform Mac OS dan Windows ini merupakan salah satu bagian dari Microsoft Office 5.0 waktu itu. Sedangkan versi yang terakhir saat ini adalah Microsoft Office 2010 yang merupakan bagian dari Microsoft Office Suite 2010 yang tentu saja rilis di tahun yang sesuai dengan namanya, yakni tahun 2010.

Sejarah Microsoft Excel

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang diberi nama Multiplan. Pada program buatan Microsoft ini, sistem-sistem CP/M sudah sangat populer. Pada platfor sistem operasi Microsoft DOS, Multiplan memiliki pesaing berat, yakni Lotus 1-2-3 yang sangat populer saat itu. Microsoft yang merasa terancam terus mengembangkan Multiplan yang kemudian diubah namanya menjadi Microsoft Excel yang dapat bersaing dengan Lotus 1-2-3. Pada tahun 1985, Microsoft Excel pertama versi Macintosh dirilis, baru dua tahun kemudian dirilis versi platform Windows.
Microsoft Excel memiliki waktu rilis yang lebih dahulu dibanding Lotus 1-2-3 kala itu, sehingga membuatnya lebih laku dan lebih banyak digunakan. Sejak keberhasilan Microsoft Excel dan peminatnya yang banyak dibanding dengan program Lotus, maka dapat dibilang bahwa Microsoft Office sudah diatas angin, hampir tanpa pesaing yang berat dan kuat. Keunggulan dari Microsoft Excel adalah selalu merilis versi baru tiap dua atau tiga tahun sekali. Hal ini membuat banyak fitur yang diinginkan pengguna dapat disematkan dalam Microsoft Excel versi berikutnya. Seperti yang telah disinggung diatas, Microsoft Excel yang terakhir adalah versi 2010, termasuk juga untuk versi Macintosh.
Indonesia adalah salah satu pemakai aplikasi Microsoft Excel terbesar di dunia. Meskipun tidak semuanya mendapatkan Microsoft Office yang didalamnya terdapat Excel secara legal, namun tidak dipungkiri, jumlah penggunanya cukup besar. Bahkan Excel adalah program spreadsheet yang diajarkan di sekolah-sekolah dan juga kursus akuntansi. Demikian adalah ulasan singkat kami mengenai Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

 

Cara Membuat Rumus dan Memasukkan Rumus Microsoft Excel

Saat kita bekerja menggunakan Microsoft Office Excel, kita dapat menghitung data dengan menggunakan rumus yang dibentuk dari operator data atau terdiri dari beberapa fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dapat kita gunakan dalam rumus.
Rumus yang akan kita bentuk dapat ditulis pada bagian formula bar atau dengan menggunakan fasilitas Function Wizard MS Excel. Dalam Microsoft Excel, kita dapat mengawali penulisan rumus dengan tanda = (sama dengan).


cara menulis rumus microsoft excel 2

Sebagai contoh, rumus pengurangan antara nilai 9 dengan nilai 6 dapat ditulis dengan bentuk =9-6. Hasil perhitungan rumus tersebut akan ditampilkan di dalam sel. Contoh lain, jika sel A15 berisi nilai 10 dan akan dikalikan dengan nilai 8, maka rumus yang dapat dibuat adalah =A15*8
Kita dapat memanfaatkan operator matematika untuk membangun suatu rumus. Urutan derajat pembacaan operator matematika yang dapat kita gunakan untuk membangun rumus dan contoh-contoh penulisan rumus matematika sederhana adalah sebagai berikut:
Operator ( ) memiliki fungsi mengelompokkan operasi matematika.
Contoh:
=(3+7)*(30/3)
Operator * dan / memiliki fungsi perkalian dan pembagian.
Contoh:
=70*7
=21/3
Operator + dan – memiliki fungsi penjumlahan dan pengurangan.
Contoh:
=15+65
=40-15
Operator ^ memiliki fungsi perpangkatan.
Contoh:
=7**4
=7^4
Operator % memiliki fungsi persen.
Contoh:
=15*50%
Operator & memiliki fungsi menggabungkan dua data teks.
Contoh:
=”Maju”&”Jaya”
Pada kondisi default, Microsoft Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol sama dengan (=). Meskipun begitu, kita dapat mengatur bagaimana perhitungan suatu rumus akan dikalikan. Inilah yang disebut dengan prioritas operasi matematika dengan menggunakan tanda dalam kurung.
Sebagai contoh, rumus =5+10*2 akan menghasilkan nilai 25 karena Microsoft Excel akan melakukan operasi perkalian terlebih dulu sebelum operasi penambahan. Jadi, angka 10 akan dikalikan dengan angka 2, hasilnya 20, baru kemudian ditambahkan dengan nilai 5. Hasilnya 25.
Contoh lain, rumus =(5+10)*2 akan menghasilkan nilai 30 karena Microsoft Excel akan mendahulukan operasi matematika yang terletak di dalam kurung dengan hasil 15, baru kemudian mengalikannya dengan angka 2. Hasilnya 30.

Cara Memasukkan Rumus

Kita dapat membuat beberapa variasi rumus, mulai dari rumus matematika yang sederhana dengan operator matematika, sampai dengan rumus perhitungan matematika yang lebih kompleks. Di bawah ini merupakan salah satu contoh langkah-langkah memasukkan rumus dalam lembar kerja Microsoft Excel.
Jika pada masing-masing cell sudah berisi angka dan kita akan mengoperasikan angka pada cell tersebut, kita tidak perlu mengetikan angkanya lagi. Namun cukup diklik saja cellnya, lalu diikuti simbul rumusnya. perhatikan contoh di bawah ini
1. Klik suatu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan sel.
2. Ketik lambang = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus.
3. Masukkan rumus yang akan digunakan. pada contoh di bawah ini merupakan contoh penjumlahan laki-laki dan perempuan. jadi setelah mengetik tanda =, lanjutkan dengan klik pada cell angka 20, kemudian tulis tanda +, lalu klik cell angka 30, kemudian tekan tombol enter pada keyboard
cara menulis rumus microsoft excel
4. Tekan Enter, maka hasilnya akan langsung muncul, seperti gambar di bawah ini. Pada cell akan muncul hasilnya, namun pada formula bar tetap tampil rumus aslinya, yaitu penjumlahan antara cell yang berisi angka 20 dan cell yang berisi angka 30, atau cell c8+D8.
cara menulis rumus microsoft excel 2

Definisi Cell atau sell

dalam artikel ini beberapa kali disebut istilah cell atau sel, sebenarnya apa sih sell itu? pengertian singkatnya, sell adalah setiap alamat kotak yang merupakan gabungan antara kolom dan baris.  Seperti pada contoh di atas sell C8 berarti gabungan antar kolom C dan baris ke 8 dan D8 berarti gabungan antara kolom D dan baris ke 8.
Tanda untuk menunjukkan sedangdi cell berapa kursor mouse anda ada di pojok kiri atas. perhatikan gambar di bawah ini.
definisi pengertian cell excel
Untuk selanjutnya kamu dapat mencoba mengkombinasikan rumus yang lebih kompleks lagi sesuai dengan kebutuan kamu. Selamat mencoba. Semoga sedikit penjelasan mengenai cara memasukkan rumus pada Microsoft Excel dapat kamu pahami dengan mudah dan tentunya dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Cara Mengatur Nomor Halaman dan Margin Halaman Lembar Kerja Excel


Saat mencetak worksheet yang sudah kita buat pada Microsoft Office Excel, ada kalanya kita harus melakukan beberapa pengaturan dari kondisi default. Bila pada artikel sebelumnya kita sudah belajar cara mengatur skala pencetakan dan ukuran kertas yang dipakai untuk mencetak lembar kerja Excel, maka pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatur nomor halaman dan menentukan margin halaman lembar kerja Excel.

Cara Mengatur Nomor Halaman

Pada menu File -> Page Setup, kita bisa menemukan menu pengaturan lembar kerja yang akan dicetak. Kotak teks First page number digunakan untuk menentukan nomor halaman pertama lembar kerja (worksheet) yang akan kita cetak. Nilai default yang tertera pada pengaturan adalah Auto. Pengaturan Auto ini berarti bahwa Microsoft Excel akan memberi nomor halaman pertama yang akan kita cetak dengan nomor 1 (satu).
Selain memakai setting Auto, kita dapat menentukan nomor halaman dengan nomor tertentu untuk halaman pertama dan halaman selanjutnya akan diisi dengan nomor-nomor berikutnya. Hal ini bisa dilakukan bila kita sudah mencetak beberapa lembar halaman sebelumnya dan ingin melanjutkan cetak halaman berikutnya.

Kita juga dapat menentukan nomor halaman dengan bilangan nol, positif maupun negatif. Pengaturan tersebut hanya berlaku bila kita memasang nomor halaman pada header dan footer. Bila kita mencetak tanpa penomoran header dan footer, kita bisa langsung mendapatkan halaman cetak Auto.
mengatur nomor halaman excel

Cara Mengatur Margin Halaman

Selain mengatur nomor halaman, ada kalanya kita harus mengatur margin, yaitu jarak tepi tulisan sesuai ukuran kertas. Untuk mengatur margin halaman lembar kerja yang akan kita cetak, kita bisa menggunakan tabulasi Margins. Dimanakah letak tab Margins? Pertama, bukan menu File -> Page Setup, pilih tab Margins, sehingga akan tampil kotak dialog Page Setup dengan tab Margins.
mengatur margin tepi halaman excel
Apakah kegunaan tab Margins? Pengaturan Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin atau ruang kosong di bagian tepi halaman worksheet yang akan kita cetak. Beberapa pengaturan margins yang akan kita temui saat bekerja menggunakan Microsoft Office Excel adalah:
  • Top. Top Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian atas.
  • Bottom. Bottom Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian bawah.
  • Left. Left Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kiri.
  • Right. Right Margins digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian kanan.
  • Header. Header Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian header (judul kepala).
  • Footer. Footer Margin digunakan untuk menentukan ukuran margin pada bagian footer (judul kaki).
Demikian artikel tips menentukan nomor halaman dan mengatur margin pada lembar kerja Microsoft Excel ini saya bagi. Mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam bekerja membuat laporan yang baik dan menarik.

Cara Mengatur Tata Letak Halaman dan Orientasi Cetak Lembar Kerja Microsoft Excel


Saat kita bekerja membuat laporan dan menggunakan worksheet dalam range yang luas, mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk mencetak semua data dalam satu halaman. Dalam hal ini kita bisa menggunakan fitur Print Preview seperti yang sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya. Selanjutnya, pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatur tata letak halaman, mengatur orientasi percetakan, dan mengatur skala percetakan.
Jika kita menghendaki penambahan informasi di bagian atas atau bawah worksheet, Microsoft Excel menyediakan fasilitas pengaturan yang bisa kita ubah sesuai kebutuhan pembuatan laporan. Informasi tersebut bisa berupa nama file, nomor halaman, tanggal cetak, maupun informasi tambahan lainnya. Untuk mengatur semua hal tersebut, kita bisa menggunakan langkah-langkah berikut:

 

menampilkan jendela page setup excel

Masuk ke jendela page Setup

untuk masuk ke jendela page setup caranya yaitu
1. untuk excel 2003 ke bawah ; klik menu file, kemudian pilih menu Page Setup.
menampilkan jendela page setup excel 2003
2. Untuk excel 2007 ke atas, klik tombol bundar di pojok kiri atas, arahkan mouse ke print, kemudian pilih print preview,
menampilkan jendela page setup excel
Setelah itu klik tombol Page setup yang ada di atas jendela
menampilkan jendela page setup excel
sehingga muncul jendela page setup seperti gambar di bawah ini
jendela page setup excel
Kotak dialog Page Setup terdiri dari empat tab, yaitu Page, Margins, Header/Footer, dan Sheet. Masing-masing tab memiliki fungsi tersendiri. Tab Page berguna untuk mengatur orientasi cetak, skala prosentasi, ukuran kertas, kualitas cetak dan lain-lain. Tab Margin digunakan untuk menentukan batas kiri, kanan, atas dan bawah layout hasil print. Tab Header/Footer berfungsi untuk memberi catatan tambahan pada bagian kepala dan kaki kertas, dan lain-lain.

Cara Menentukan Orientasi Pencetakan

Hal penting yang harus diketahui pada tab Page adalah terdapat kelompok Orientation yang bisa kita manfaatkan untuk menentukan orientasi pencetakan. Pilihan orientasi cetak lembar kerja Microsoft Excel ada dua, yaitu portrait dan landscape. Pilihan Portrait digunakan untuk mencetak data dengan format vertikal (membujur). Sedangkan pilihan Landscape digunakan untuk mecetak data dengan format horizontal (melintang).
Sedangkan untuk pengaturan skala ada di bagian Scaling, di bagian Adjust to tentukan persentasenya, semakin besar skala maka semakin besar pula ukurannya.  Sementara itu untuk ukuran kertas ada di  Paper Size,  pada ukuran kertas ini ada banyak piliha mulai dari Letter, A4, Legal, dan lain-lain. Namun sayangnya untuk ukuran terkadang folio tidak tersedia. Untuk menentukan kuran folio, silahkan klik tombol Options, untuk mengatur ukuran folio dengan masuk pada jendela printer properties, selanjutnya masuk pada bagian page setup pada jendela printer properties.
di bawah ini merupakan contoh tampilan jendela page setup pada printer properties canon
page setup printer properti canon
Penjelasan : masuk ke tap page setup, kemudian pada page size silahlkan pilih custom, lalu masukkan ukuran folio yaitu angka 215 pada width, dan 330 pada Height. Maaf gambarnya salah, harusnya saya tulis 330.
Semoga sedikit penjelasan mengenai pengaturan orientasi pencetakan pada microsoft excel ini bisa berguna bagi kerja Anda dalam menyusun dan mencetak laporan kerja.

Cara Membuat Format Alignment Worksheet Microsoft Excel 2003 2007


Setiap fasilitas pada suatu aplikasi meskipun sepele namun jika dimanfaatan dengan sebaik-baiknya dapat menghasilkan output dapat yang maksimal. salah satu fasilitas pada microsoft excel yang dianggap sepele namun powerfull adalah format Alignment. Format Alignment berfungsi untuk mengatur perataan data pada worksheet (lembar kerja) Microsoft Excel.
Untuk memformat perataan data pada sel dengan cepat, pilih sel atau range dan gunakan tombol Align Left, Center, atau Align Right.


Cara Membuat Format Alignment Worksheet Microsoft Excel 2003 2007

Anda bisa memformat data dengan bentuk rata tengah terhadap kolom-kolom atau baris-baris yang Anda pilih dengan menggunakan tombol Merge And Center. Format ini biasanya dipakai untuk memformat judul laporan.
Cara Membuat Format Alignment Worksheet Microsoft Excel 2003 2007 
2
Jika Anda membutuhkan format perataan teks dengan pilihan format yang lebih luas, gunakan tab Alignment pada kotak dialog Format Cells. untuk menampilkan format cells perhatikan gambar di bawah ini,
Cara Membuat Format Alignment Worksheet Microsoft Excel 2003 2007 
3
setelah tampil jendela format cells, selanjutnya klik pada tab alignment
Cara Membuat Format Alignment Worksheet Microsoft Excel 2003 2007 
4
Selanjutnya Kenali fungsi masing-masing menu pada tab alignment di bawah ini

1. Horizontal

Pada bagian perataan Horizontal, Anda dapat menentukan format perataan data secara horizontal. Pilihan menu yang tersedia adalah:
- General, merupakan format default lembar kerja Excel, yaitu data teks diformat rata kiri, data numerik rata kanan, dan logical atau error akan diformat rata tengah.
- Left, data dalam sel akan diformat rata kiri.
- Center, data dalam sel akan diformat rata tengah.
- Right, data dalam sel akan diformat rata kanan.
- Fill, data teks atau numerik dalam sel akan diulang penulisannya hingga memenuhi lebar sel yang ada.
- Justify, data teks dalam sel akan diformat rata kiri dan kanan dalam sebuah sel.
- Center across selection, memformat data teks atau numerik rata tengah terhadap range yang terpilih.
- Distributed, data dalam sel akan didistribusikan sehingga rata kiri dan kanan terhadap lebar kolom.

2. Vertical

Pada bagian perataan Vertical, Anda dapat menemukan format perataan data secara vertikal. Pilihan menu yang tersedia adalah:
- Top, data dalam sel ditulis rata atas terhadap tinggi baris.
- Center, data dalam sel ditulis rata tengah terhadap tinggi baris.
- Bottom, data dalam sel ditulis rata bawah terhadap tinggi baris.
- Justify, data dalam sel ditulis rata atas bawah terhadap tinggi baris.
- Distributed, data dalam sel akan didistribusikan sehingga rata atas dan rata bawah terhadap tinggi baris.

3. Orientation

Pada kondisi default, teks ditulis secara mendatar atau pada posisi horizontal dengan pembacaan teks dari kiri ke kanan. Tetapi Microsoft Excel menyediakan bentuk tampilan lain, yaitu penulisan teks secara vertikal atau miring berdasarkan sudut kemiringan tertentu yang nilai sudut kemiringannya dapat ditentukan pada bagian Degrees. Menu ini memungkinkan Anda berkreasi membuat lembar kerja dengan tampilan menarik dan unik.

4. Text Control

- Wrap text  : berfungsi untuk mengatur teks agar menjadi dua baris atau lebih dalam satu cell, dengan melebarkan barisnya, sehingga teks tidak memotong garis kolom
dengan wrap text tanpa wrap text microsoft excel
- Shrink to fit : berfungsi untuk merapatkan teks sesuai dengan lebar kolom
- Merge Celss : berfungsi untuk menggabungkan dua cells atau lebih menjadi satu

4. Text Direction

Gunakan pilihan dalam kotak Text Direction untuk menentukan urutan pembacaan dan perataannya. Pilihan menu yang tersedia adalah:
- Right-to-left, pilihan untuk menentukan urutan pembacaan karakter-karakter dalam sel dari kanan ke kiri secara visual di layar.
- Left-to-right, pilihan untuk menentukan urutan pembacaan karakter-karakter sesuai dengan tatanan keyboard, tampilan dokumen, obyek-obyek, dan arah teks ditampilkan.
- Context, pilihan untuk menentukan urutan pembacaan.

Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007- Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007 ditampilkan dalam bentuk Ribbon. Ribbon (pita) adalah kontrol baru yang mengganti penggunaan menu dan toolbar pada MS Excel versi terdahulu. Kenapa disebut ribbon (pita), karena bentuknya menyerupai pita yang terpasang dari kiri ke kanan menyerupai pita yang terpasang pada mesin tik atau printer dot matrik. Di dalam ribbon ini disediakan tool-tool (tombol-tombol) untuk mempermudah Anda menggunakan program aplikasi. Tombol-tombol pada ribbon dikelompokkan menjadi beberapa grup tertentu, kemudian di organisasi menjadi beberapa halaman tab ribbon.
Ribbon pada MS Excel 
2007
Gambar 5.3 Ribbon pada MS Excel 2007
Secara default, ribbon menampilkan tujuh halaman tab. Berikut ini penjelasan setiap tab tersebut.

a. Fungsi Menu dan Ikon tab Home

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan. Untuk dapat mengakses halaman ribbon Home, Anda dapat melakukan dengan mengklik tab Home. Anda juga dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol Alt + H. Langkah ini akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab Home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.
Tampilan tab Home
Gambar 5.4 Tampilan tab Home
Tabel 5.1 Fungsi Menu dan Ikon Tab Home.
Menu Tab Home
Kelompok Clipboard
Paste Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
Cut Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
Copy Menyalin ke clipboard
Format Painter Melakukan copy format
Kelompok Font
Font Selection Mengganti jenis huruf
Font Size Mengatur ukuran huruf
Increase/Decrease Font Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
Bold, Italic, Underline Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
Border Membuat garis bingkai sel
Fill Mewarnai sel
Color Mewarnai huruf
Kelompok Aligment
Vertical Alignment Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel.
Atas, tengan, dan bawah
Perataan teks Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan
Indent Menambah dan mengurangi inden teks
Teks Orientation Mengubah kemiringan teks
Merge Cell Menggabungkan sel
Page Break Mengatur pemisah halaman
Kelompok Number
Format Cell Pengaturan jenis penulisan angka
Currency Format angka untuk mata uang
Persen Format angka persen
Comma Mengubah nilai koma ribuan
Increase/Decrease Decimal Menambah dan mengurangi nilai desimal
Kelompok Style
Conditional Formatting Melakukan format terkondisi
Format as Table Membuat format tabel cepat
Cell Styles Membuat format sel secara cepat
Kelompok Cells
Insert Memasukkan sel baru
Delete Menghapus sel
Format Melakukan format sel
Kelompok Editing
Sum Melakukan penghitungan
Fill Membuat pola angka secara kontinu
Clear Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format
Sort & Filter Mengatur data agar mudah dianalisis
Find & Select Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja

b. Fungsi Menu dan Ikon tab Insert

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk menyisipkan objek-objek ke dalam naskah, seperti Picture (gambar), Clip Art (seni klip), Chart (grafik/diagram), dan Tabel.
Tampilan tab Insert
Gambar 5.5 Tampilan tab Insert
Tabel 5.2 Fungsi Menu dan Ikon Tab Insert.
Menu Tab Insert
Kelompok Tables
Pivot Table Memasukkan tabel pivot
Table Memasukkan tabe
Kelompok Ilustrations
Picture Menambahkan gambar pada worksheet
Clip Art Menambahkan gambar clipart pada worksheet
Shapes Menambahkan gambar bentuk tertentu
Smart Art Memasukkan objek smartart
Kelompok Chart
Coloumn Memasukkan grafik kolom
Line Memasukkan grafik garis
Pie Memasukkan grafik pie
Bar Memasukkan grafik batang
Scatter Memasukkan grafik distribus
Other Chart Memasukkan grafik lainnya
Kelompok Link
Hyperlink Memasukkan hyperlink pada worksheet
Kelompok Text
Textbox Memasukkan kotak teks
Header & Footer Memasukkan header dan footer
WordArt Memasukkan teks dekoratif
Signature Line Memasukkan garis tanda tangan
Object Memasukkan objek
Symbol Memasukkan simbol

c. Fungsi Menu dan Ikon tab Page Layout

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan kertas dari naskah yang sedang dikerjakan, seperti mengatur Margins (batas awal dan batas akhir pencetakan kertas), Orientation (posisi pencetakan kertas, tegak atau mendatar), Size (ukuran kertas yang akan digunakan), Columns (tampilan bentuk kolom), dan sebagainya.
Tampilan tab Layout
Gambar 5.6 Tampilan tab Layout
Tabel 5.3 Fungsi Menu dan Ikon Tab Page Layout.
Tab Page Layout
Kelompok Themes
Theme Mengubah tema tampilan excel
Color Mengubah warna tema
Font Mengubah jenis font tema
Effect Mengubah efek tema
Kelompok Page Setup
Margin Mengubah margin halaman
Orientation Mengubah orientasi halaman
Size Mengubah ukuran kertas
Print Area Menentukan area tertentu untuk proses cetak
Breaks Menentukan pemisah halaman
Background Menentukan gambar untuk latar
Print Title Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
Kelompok Scale to Fit
Width Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
Height Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
Scale Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai
persentase Ukuran
Kelompok Sheet Option
Gridlines Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
Heading Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan
Kelompok Arrange
Bring to Front Objek ke depan
Send to Back Objek ke belakang
Selection Pane Memperlihatkan panel seleksi objek
Align Meluruskan objek
Group Mengelompokkan objek
Rotate Melakukan rotasi objek

d. Fungsi Menu dan Ikon tab Formula

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengolah dokumen dengan formula-formula yang telah disediakan oleh Microsoft Excel.
Tampilan tab Formula
Gambar 5.7 Tampilan tab Formula
Tabel 5.4 Fungsi Menu dan Ikon Tab Formula.
Tab Formula
Kelompok Function Library
Insert Function Memasukkan fungsi formula
Autosum Melakukan penghitungan cepat
Recently Used Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
Financial Memasukkan fungsi keuangan
Logical Memasukkan fungsi logik
Text Memasukkan fungsi teks
Date & Time Memasukkan fungsi waktu
Lookup & Reference Memasukkan fungsi lookup dan referensi
More Function Memasukkan fungsi lainnya
Kelompok Defined Name
Name Manager Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan
dalam workbook
Define Name Memberikan nama bagi sel
Use in Formula Memilih nama yang digunakan pada workbook dan
menggunakannya pada formula
Create From Selection Membuat nama sel secara otomatis
Kelompok Formula Auditing
Trace Precedent Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
Trace Dependent Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
Remove Arrows Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
Show Formulas Memperlihatkan formula setiap sel
Error Checking Memeriksa formula yang salah
Evaluate Formula Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
Watch Window Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan
pada lembar kerja
Kelompok Calculation
Calculation Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
Calculate Now Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
Calculate Sheet Melakukan kalkulasi sheet sekarang

e. Fungsi Menu dan Ikon tab Data

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk pengolahan data, seperti mengkoneksikan dengan file-file database lain, memfilter data, mengurutkan data (sorting) dan sebagainya.
Tampilan tab Data
Gambar 5.8 Tampilan tab Data
Tabel 5.5 Fungsi Menu dan Ikon Tab Data.
Tab Data
Kelompok Get External Data
From Access Memasukkan data dariMS Access
From Web Memasukkan data dari web
From Text Memasukkan data dari teks
From Other Sources Memasukkan data dari sumber lain
Existing Connection Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan
Kelompok Connections
Refresh All Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
Connection Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
Properties Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
Edit Link Mengatur koneksi data dari file lain
Kelompok Sort & Filter
Sort A to Z Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
Sort Z to A Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
Sort Memunculkan kotak dialog pengurutan
Filter Melakukan penyaringan terhadap sel
Clear Menghapus penyaringan pada sel
Reapply Melakukan kembali penyaringan
Advanced Melakukan penyaringan spesifik
Kelompok Data Tools
Text to Coloumn Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
Remove Duplicates Menghilangkan baris terduplikasi
Data Validation Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
Consolidation Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
What-If Analysis Mencoba beberapa nilai pada formula
Kelompok Outline
Group Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat
memendekdan memanjang
Ungroup Memisahkan sel yang mengelompok
Subtotal Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

f. Fungsi Menu dan Ikon tab Review

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.
Tampilan tab Review
Gambar 5.9 Tampilan tab Review
Tabel 5.6 Fungsi Menu dan Ikon Tab Review.
Tab Review
Kelompok Proofing
Spelling Memeriksa ejaan teks
Research Membuka panel penelitian referensi
Thesaurus Saran kata yang sepadan
Translate Menerjemahkan kata ke bahasa lain
Kelompok Comments
Comment Memasukkan komentar baru
Delete Menghapus komentar
Previous Memperlihatkan komentar sebelumnya
Next Memperlihatkan komentar selanjutnya
Show/Hide Comment Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
Show All Comments Perlihatkan semua komentar
Show Ink Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
Kelompok Changes
Protect Sheet Melindungi lembar kerja
Protect Workbook Melindungi buku kerja
Share Workbook Berbagi buku kerja
Protect and Share Workbook Melindungi dan berbagi buku kerja
Allow Users to Edit Ranges Memperbolehkan pengguna mengubah data
Track Changes Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

g. Fungsi Menu dan Ikon tab View

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan halaman, pengaturan perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro, mengatur jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.
Tampilan tab View
Gambar 5.10 Tampilan tab View
Tabel 5.7 Fungsi Menu dan Ikon Tab View.
Tab View
Kelompok Workbook Views
Normal Melihat dokumen secara normal
Page Layout Melihat dokumen sesuai hasil cetak
Page Break Preview Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
Custom Views Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
Full Screen Melihat dokumen dalam mode layar penuh
Kelompok Show/Hide
Ruler, Gridlines, Message Bar,
Formula Bar, Heading
Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang
formula, dan heading
Kelompok Zoom
Zoom Memperbesar tampilan
100% Besar tampilan 100%
Zoom to Selection Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
Kelompok Window
New Window Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
Arrange All Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
Freeze Pane Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
Split Membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda
Hide Menyembunyikan jendela terseleksi
Unhide Memunculkan jendela tersembunyi
View Side by Side Memperlihatkan jendela berdampingan
Synchronous Scrolling Membuat dua jendela menggulung bersamaan
Reset Window Position Menset ulang posisi jendela berdampingan
Save Wokspace Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehinggadapat
dibuka kembali dengan tampilan yang sama
Switch Windows Berganti jendela yang aktif
Kelompok Macros
View Macros Memperlihatkan macro dokumen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar